Ulasan 2 - Sistem Operasi

Pendahuluan :
Video ini memiliki judul "What is NAS as fast as possible" yang dimiliki channel Techquickie, salah satu anak channel dari channel teknologi terkini LinusTechTips. Video ini diupload pada tanggal 20 Mei 2014 dengan durasi 5 menit dan 6 detik.

Penjelasan :
Konten video ini berisi penjelasan NAS (Network Attached Storage) yang merupakan tempat penyimpanan data yang terhubung dengan personal network seorang user. Di dalam video ini, presenter menjelaskan tentang bagaimana cara untuk meng-handle segala masalah yang bisa terjadi dalam hard drive (seperti serangan virus, hard drive failure, data corruption, dsb.). Solusi pertama adalah menggunakan sistem RAID, yang akan menggunakan hard drive lain sebagai hard drive cadangan bagi hard drive yang terhubung dengannya. Solusi kedua adalah, seperti yang dijelaskan di awal, menggunakan NAS device. NAS akan menyimpan data personal kita yang telah diupload ke server NAS tersebut seperti layaknya kerja cloud storage. Menurut presenter, bedanya NAS dengan cloud storage adalah kemudahan untuk mengekspansi ukuran kapasitasnya dan absennya perusahaan besar atau pihak ketiga lain yang bisa mengakses data pengguna. NAS lebih tepat digunakan untuk backup data daripada RAID karena RAID hanya bekerja sebagai hard drive backup daripada data backup, yang bisa dilakukan NAS jikalau hard drive di komputer kita mengalami masalah.

Ulasan :
Menurut saya presenter bisa membuat video yang seharusnya memberikan penjelasan akan sesuatu yang membosankan, menjadi menyenangkan tanpa membuat penonton bingung akan apa yang dia jelaskan. Presenter di video ini sangat menghibur dan analogi yang dia berikan membuat penonton semakin mengerti apa itu NAS storage. Selain kontennya yang menghibur, tidak seperti video Techquickie yang lainnya, video ini tidak beriklan di akhir dan karena itu penjelasan konten bisa lebih rinci karena adanya tambahan sekitar 1 menit untuk menjelaskan lagi tentang NAS storage tersebut. Namun sayangnya, alasan minimnya iklan ini hanyalah karena tidak ada perusahaan atau orang yang ingin beriklan pada saat itu, dan video lain tetap hanya memiliki 3-4 menit untuk konten keseluruhannya tanpa menghitung iklan. Seharusnya konten Techquickie lain memiliki standar seperti video ini dalam membuat konten beriklan mereka, dimana 4-5 menit pertama adalah untuk penjelasan konten mereka dan sisa 1 menit untuk iklannya. Secara pribadi saya tidak keberatan video diperpanjang menjadi 6 menit untuk adanya iklan di akhir, mengetahui perusahaan yang beriklan di Techquickie suka memberikan promo yang menarik.

github account : AbiAbdurrahman
URL blog : abiabdurrahman.blogspot.com
URL video youtube : https://youtu.be/ZwhT-KI16jo
Pemetaan konten : week09
Tanggal submisi review pertama : 17 Mei 2017
Tanggal update terakhir review : 17 Mei 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ranking10

Ranking06

Ulasan 1 - Sistem Operasi